FITUR ACOSYS

"Acosys memberikan kemudahan dalam memilih fitur yang anda butuhkan untuk manajemen perusahaan dan bisnis anda. Anda tidak perlu membeli fitur yang tidak anda butuhkan. Sehingga anda dapat membeli Acosys dengan harga sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

A (STANDARD)

Fitur Standard adalah fitur dasar yang memadai untuk kebutuhan dasar dalam bisnis. Fitur ini telah mencakup transaksi pembelian, penjualan, persediaan, hutang dan laporan-laporan.Fitur Standard sebagai fitur dasar dapat digabungkan dengan fitur lain, misalnya untuk bisnis retail yang stand alone (berdiri sendiri) dapat digabung dengan fitur POS.

Sedangkan perusahaan yang kompleks bisa menggabungkan fitur Standard dengan fitur Credit Transaction, Accounting, Discount Management, Salesman and Servicedoer, Reward and Point Management, Commision Management, Multi Division, Multi Department, Multy Currency, Payroll, Serial Number and Expired Date, Tools, Extra Tax, Pre Transaction, Giro Management, Export/Import, Payment Discount Management, Rental Transaction, Product Information dan Acosys Analysis Center.Fitur Small Business dan Education Edition tidak dapat digabungkan dengan fitur Standard, karena kedua fitur tersebut adalah fitur mandiri yang bisa berdiri sendiri tanpa fitur lain.

Berikut ini rincian fasilitas yang terdapat pada fitur Standard : 

Fitur A ini sudah berisi fitur-fitur standard dalam bisnis sederhana seperti :

FITUR UMUM
  • Login/Logout: untuk membatasi user yang diperbolehkan mengakses Acosys
  • Rubah Password: agar user dapat merubah passwordnya sendiri
  • Rubah Shortcut: merubah shortcut
  • Rubah Tanggal: untuk merubah tanggal server jika menghendaki semua user yang menggunakan Acosys harus bertransaksi di tanggal yang sama
  • Daftar User: untuk mengatur otoritas setiap user
  • Daftar Persetujuan: untuk menyetujui permintaan membuka secara temporer otoritas user yang diproteksi saat transaksi
  • Daftar Divisi: untuk mengatur semua seting pada setiap divisi termasuk format faktur dan urutan nomor faktur transaksi
  • Daftar Jenis Pembayaran: untuk mengatur jenis pembayaran apa saja yang digunakan
  • Daftar Pajak: untuk mengatur tipe pajak apa saja yang digunakan dalam transaksi
  • Daftar Pengiriman: untuk mengatur jenis jasa pengiriman barang yang digunakan
  • Log Transaksi: untuk mengetahui daftar kejadian penting yang dilakukan user, seperti penghapusan faktur, perubahan faktur, dan lain-lain.
PRODUK
  • Paket Penjualan: untuk membuat paket penjualan, yaitu beberapa produk dijual menjadi 1 paket produk
  • Pemakaian Barang: untuk mencatat pemakaian produk untuk keperluan internal (bukan dijual ke pelanggan)
  • Penyesuaian Persediaan: untuk melakukan penyesuaian jumlah fisik persediaan dengan jumlah di Acosys (stock opname)
  • Laporan Persediaan Produk: melihat laporan persediaan produk
  • Laporan Persediaan Produk (tanpa SN): melihat laporan persediaan produk tanpa serial number (jika menggunakan fitur M/Serial Number & Expired Date)
  • Laporan Persediaan Produk (tanpa HPP): melihat laporan persediaan produk tanpa HPP (Harga Pokok Persediaan)
  • Laporan Persediaan Produk (tanpa SN dan HPP): melihat laporan persediaan produk tanpa HPP dan serial number
  • Laporan Arus Produk Masuk dan Keluar: melihat laporan arus produk masuk dan keluar
  • Laporan Histori Produk: melihat laporan histori per produk pada periode tertentu
  • Laporan Pemakaian Barang: melihat laporan pemakaian barang untuk internal
  • Laporan Penyesuaian Persediaan: melihat laporan penyesuaian produk
  • Daftar Produk: untuk membuat rincian produk seperti nama, harga, disko, dan lain-lain
  • Pembuatan Harga Masal: untuk membuat harga jual produk secara masal dengan rumus tertentu
  • Daftar Pabrik: untuk membuat daftar pabrik yang mensupplai produk kita
  • Daftar Satuan: untuk membuat daftar satuan produk
  • Daftar Merk Produk: untuk membuat daftar merk/brand produk
  • Cetak Label Produk: untuk mencetak label produk menggunakan printer biasa atau printer barcode, yang dapat ditempel di produk maupun di rak penyimpanan produk
  • Input Saldo Awal: untuk memudahkan penginputan saldo awal produk saat pertama kali menggunakan Acosys.
PEMBELIAN
  • Pembelian: untuk melakukan input pembelian barang dari pemasok
  • Retur Pembelian: untuk melakukan input retur pembelian barang ke pemasok
  • Pembayaran Hutang: untuk melakukan pembayaran hutang ke pemasok
  • Laporan Rangkuman Pembelian: melihat rangkuman pembelian
  • Laporan Pembelian Per Divisi, Faktur dan Produk: melihat laporan pembelian per divisi, faktur dan produk
  • Laporan Pembelian Per Divisi, Pemasok dan Produk: melihat laporan pembelian per divisi, pemasok dan produk
  • Laporan Pembelian Per Grup Produk: melihat laporan pembelian per kelompok produk
  • Laporan Pembelian Per Merk Produk: melihat laporan pembelian per merk/brand produk
  • Laporan Pembelian Per Divisi, Pengiriman dan Faktur: melihat laporan pembelian per divisi, pengiriman (kurir) dan faktur
  • Laporan Rangkuman Retur Pembelian: melihat laporan rangkuman retur pembelian ke pemasok.
  • Laporan Retur Pembelian Per Divisi, Faktur dan Produk: melihat laporan retur pembelian per divisi, faktur dan produk
  • Laporan Retur Pembelian Per Divisi, Pemasok dan Produk: melihat laporan pembelian per divisi, pemasok dan produk
  • Laporan Rangkuman Hutang Dagang: melihat laporan rangkuman hutang dagang ke pemasok
  • Laporan Pembayaran Hutang: melihat laporan pembayaran hutang ke pemasok
  • Laporan Histori Pemasok: melihat laporan histori transaksi pemasok dalam periode tertentu
  • Daftar Pemasok: untuk membuat daftar pemasok
  • Biaya-biaya Pembelian: untuk membuat jenis-jenis biaya yang digunakan dalam transaksi pembelin produk ke pemasok
PENJUALAN
  • Penjualan: untuk melakukan transaksi penjualan produk ke pelanggan
  • Retur Penjualan: untuk melakukan transaksi retur penjualan produk dari pelanggan
  • Laporan Rangkuman Penjualan: untuk melakukan transaksi retur penjualan produk dari pelanggan
  • Laporan Penjualan Per Divisi, Faktur dan Produk: untuk melihat laporan penjualan per divisi, faktur dan produk
  • Laporan Penjualan Per Divisi, Pelanggan dan Produk: untuk melihat laporan penjualan per divisi, pelanggan dan produk
  • Laporan Penjualan Per Divisi, Pengiriman dan Produk: untuk melihat laporan penjualan per divisi, pengiriman (kurir) dan produk
  • Laporan Penjualan Per Divisi, Pengiriman dan Faktur: untuk melihat laporan penjualan per divisi, pengiriman (kurir) dan faktur
  • Laporan Penjualan Per Grup Produk: untuk melihat laporan penjualan per grup produk
  • Laporan Penjualan Produk Per Merk: untuk melihat laporan penjualan merk/brand produk
  • Laporan Rangkuman Retur Penjualan: untuk melihat laporan rangkuman retur penjualan
  • Laporan Retur Penjualan Per Divisi, Faktur dan Produk: untuk melihat laporan retur penjualan per divisi, faktur dan produk
  • Laporan Retur Penjualan Per Divisi, Pelanggan dan Produk: untuk melihat laporan penjualan per divisi, pelanggan dan produk
  • Laporan Pembayaran Pelanggan: untuk melihat laporan pembayaran pelanggan
  • Laporan Histori Pelanggan: untuk melihat laporan histori transaksi pelanggan
  • Daftar Pelanggan: untuk membuat daftar pelanggan
  • Daftar Alias Pelanggan: untuk membuat daftar alias pelanggan, yaitu kode atau nama lain untuk menyamarkan pelanggan asli pada bisnis tertentu, seperti mengganti pelanggan dengan nomor loker, dan sebagainya
  • Biaya-biaya Penjualan: untuk membuat daftar biaya-biaya yang digunakan pelanggan saat transaksi penjualan
B (POINT OF SALES - POS)

Fitur yang dirancang khusus untuk penjualan dengan kecepatan tinggi dan praktis dalam penggunaan. Juga dukungan alat-alat POS (Point of Sale) yang lengkap, seperti mini printer, customer display, cash drawer dan lain-lain.

Fitur POS biasanya digunakan pada perusahaan retail seperti minimarket, supermarket/mall, toko, factory outlet dan stokis multi level marketing.

Fitur ini dapat berdiri sendiri maupun bersamaan dengan fitur Standard dan fitur lainya. Jika berdiri sendiri, harus tersedia komputer lain yang terhubung. Komputer tersebut setidaknya memiliki fitur Standard untuk melakukan input daftar produk, setting harga jual, membuat daftar pelanggan dan setting lain.

Fitur ini diberi tambahan kata "Full Facility" karena pada form POS, Anda dapat menjual dengan menyertakan Salesman, Service Doer, diskon sesuai dengan aturan diskon dan level harga, poin dan hadiah sesuai dengan rumus yang telah dibuat, penjualan kredit, penjualan dengan memilih divisi maupun departemen jika komputer tersebut atau komputer lain yang terhubung memiliki fitur-fitur tersebut. Sedangkan fitur POS yang disertakan dalam fitur Small Business tidak dapat melakukan hal tersebut.

C (CREDIT TRANSACTION)

Fitur Credit Transaction adalah fitur tambahan yang paling banyak digunakan, hampir semua bisnis membutuhkan fitur ini. Dengan tambahan fitur ini, Anda dapat melakukan penjualan kredit atau tempo. Selain itu juga untuk melakukan pembelian atau penjualan konsinyasi beserta semua laporanya. Konsinyasi dalam hal ini adalah penitipan barang kepada konsumen atau titipan barang dari supplier kita. Karena sifatnya titipan, maka yang wajib dibayar adalah barang yang laku terjual saja. Dengan fitur ini Anda dapat mengontrol jumlah barang yang sudah terjual, yang sudah terbayar dan barang yang belum terjual.

Fitur Credit Transaction menyediakan fasilitas pemberian diskon ke pelanggan atau dari supplier berdasarkan jangka pembayaran tertentu. Misalnya jika pembayaran dilakukan sebelum jatuh tempo, maka mendapatkan diskon 2%.

Fitur ini juga mampu melakukan pengalihan tagihan konsumen ke pihak ketiga. Pengalihan ini banyak terjadi pada bengkel yang melakukan penanganan klaim asuransi, penjualan kendaraan atau peralatan elektronik yang pembayaranya dilakukan oleh leasing atau pembayaran barang/jasa yang digunakan oleh seseorang yang ditagihkan ke perusahaan tempatnya bekerja.

Jika pada fitur Standard Anda sudah bisa melakukan pembelian secara tempo/kredit, maka pada fitur Credit Transaction, Anda dapat menginput penjualan kredit/piutang, saldo awal hutang dan piutang. Artinya hutang dan piutang yang telah terjadi sebelum Anda menggunakan Acosys, dapat diinput kedalam database sehingga memudahkan pencatatan berikutnya. Selain itu, jika ternyata terjadi kesalahan pencatatan hutang atau piutang, pada fitur ini Anda juga bisa melakukan penyesuaian.

Mengubah harga produk satu persatu, padahal sebenarnya bisa menggunakan satu rumus yang sama pasti membosankan dan melelahkan. Fitur ini menyediakan fasilitas pembuatan harga jual masal dengan rumus yang dapat Anda buat sendiri.

Berikut ini rincian fasilitas yang terdapat pada Fitur Credit Transaction:
  • Transaksi penjualan secara kredit
  • Penerimaan piutang
  • Penyesuaian hutang
  • Penyesuaian piutang
  • Input saldo hutang awal
  • Input saldo piutang awal
  • Pembelian konsinyasi
  • Penjualan konsinyasi
  • Petur konsinyasi
  • Pembuatan harga jual masal
  • Diskon berdasarkan jangka pembayaran.
  • Lap. pembelian konsinyasi
  • Lap. penjualan konsinyasi
  • Lap. retur konsinyasi
  • Lap. tagihan pihak ketiga
  • Lap. penyesuaian hutang
  • Lap. penyesuaian piutang
  • Lap. penerimaan piutang
D (ACCOUNTING)

Semua transaksi secara otomatis akan terposting ke semua laporan keuangan dan fitur ini berfungsi untuk menampilkan laporan keuangan. Namun tetap saja ada transaksi yang tidak terposting otomatis, misalnya input biaya, penambahan aset dan transaksi lain yang tidak terkait langsung dengan bisnis inti, untuk itu telah disediakan fasilitas input jurnal.

Kelebihan Fitur Accounting pada Acosys V4 dibandingkan dengan software lain adalah fleksibilitas. Dimana persediaan setiap produk bisa di set ke akun tertentu, sehingga memungkinkan pengelompokan akun persediaan produk. Begitu juga dengan hutang dan piutang yang dapat dipisahkan per customer atau per supplier. 
Bagi perusahaan yang memiliki beberapa cabang, nomor akun dapat dikunci per cabang, sehingga tidak akan terjadi kesalahan akun jurnal cabang satu dengan cabang lainya. Akun laba rugi dan selisih kurs juga bisa dipisahkan untuk masing-masing divisi atau kantor cabang.

Harga Fitur Accounting adalah Rp. 2.500.000 jika berdiri sendiri tanpa fitur lain pada komputer tersebut (diluar paket). Namun jika menggunakan Fitur Accounting bersamaan dengan fitur lain, misalnya fitur Standard pada komputer tersebut, maka harga Fitur Acosys menjadi Rp. 1.500.000. Berarti Anda akan menghemat Rp. 1.000.000 jika membeli bersamaan dengan fitur lain.

Rincian fitur Accounting sebagai berikut: 
  • Input jurnal
  • Arus kas (Cash Flow)
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan jurnal umum
  • Laporan laba/rugi
  • Tutup buku akhir tahun
  • Buku besar
  • Neraca
  • Daftar akun
E (DISCOUNT MANAGEMENT)

Fakta pada hampir semua bisnis adalah omzet penjualan dihasilkan oleh 20% pelanggan. Artinya Anda harus bisa membuat pelanggan potensial tersebut nyaman dan tentunya memberikan harga spesial. Dengan fitur Discount Management, Anda dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan kelas pelanggan dan memberikan harga jual yang berbeda hingga 7 level harga. Dengan demikian pelanggan potensial benar-benar akan merasakan harga spesial.

Tidak hanya itu, Fakta di lapangan mengatakan bahwa pelanggan cenderung memilih berbelanja di tempat yang "terkesan" murah. Mengapa menggunakan kata "terkesan"? karena tidak mungkin semua barang dijual dengan harga murah, cukup membuat program diskon yang menarik untuk beberapa item barang yang paling laku yang bisa dijadikan icon murah sudah cukup membuat toko Anda menjadi "terkesan murah".

Fitur Discount Management bisa membantu Anda untuk membuat discount yang fleksibel dan unik, bahkan membuat metode diskon yang belum pernah ada di dunia sekalipun. Hal ini bisa dilakukan karena Acosys V4 memberi kebebasan kepada Anda untuk membuat rumus sendiri layaknya Anda menggunakan Microsoft Excel atau Libre Office Calc.

Anda ingin semua hari jadi spesial bagi pelanggan? Ya. Fitur ini juga bisa membuat diskon pada hari dan jam tertentu untuk setiap item barang, semua berjalan secara otomatis. Sehingga setiap hari akan ada diskon menarik yang membuat pelanggan tidak bisa berpaling dari toko Anda. Tidak perlu repot-repot setiap hari melakukan setting diskon, Anda cukup setting sekali dan diskon berbeda-beda akan otomatis berganti setiap hari.

Sering melihat diskon bertingkat seperti ini 50% + 20%? Fitur Discount Management dapat membuat diskon bertingkat dengan level yang tidak terbatas. Hebatnya lagi, tidak hanya berdasarkan persentasi, tapi juga bisa berdasarkan nominal atau gabungan antara persentase dan nominal.

Berikut ini rincian fasilitas yang terdapat pada Fitur Discount Management:
  • Harga jual berdasarkan level pelanggan (7 level)
  • diskon perbarang atau perfaktur
  • diskon berdasarkan tanggal atau jam tertentu
  • diskon berdasarkan hari ulang tahun pelanggan
  • Diskon bertingkat berdasarkan nominal maupun persentase
  • diskon berdasarkan kelipatan jumlah penjualan
  • Diskon berdasarkan jumlah penjualan tertentu sampai 3 level harga
  • Diskon menggunakan rumus
  • Aturan diskon dan harga jual berdasarkan cabang atau departemen
  • Aturan diskon menggunakan rumus berdasarkan pelanggan, pemasok, produk, pabrik, merk dan pengarang
F (SALESMAN & SERVICE DOER)

Perusahaan distribusi, bengkel, toko komputer, barbershop, rumah sakit, klinik kecantikan dan spa and massage pasti sangat membutuhkan fitur ini untuk memisahkan penjualan berdasarkan salesman, dokter, mekanik, teknisi dan terapis. Fitur ini akan terkait erat dengan fitur Commision Management untuk menghitung komisi masing-masing salesman/ dokter/ mekanik/ teknisi/ terapis. Penyebutan salesman dan pelaksana jasa/servicedoer dapat diubah bahasa sesuai dengan bahasa teknis pada setiap jenis bisnis. Berikut ini rincian fasilitas yang terdapat pada fitur ini:
  • Daftar salesman dan pelaksana jasa 
  • Laporan penjualan per salesman dan per pelaksana jasa 
  • Laporan retur penjualan per salesman dan per pelaksana jasa 
  • Memasukkan salesman pada setiap transaksi yang tersedia kolom salesman
G (REWARD & POINT MANAGEMENT)

Poin dan hadiah bisa menjadi salah satu hal yang menarik bagi pelanggan, apalagi diberikan dengan cara yang kreatif. Fitur ini memberikan keleluasaan kepada anda untuk berkreasi dalam hal membuat metode pemberian hadiah dan poin menggunakan rumus yang bisa Anda buat sendiri.

Fitur ini cocok untuk usaha retail seperti minimarket, supermarket, mall dan toko.

Aturan Pemberian Hadiah dan Aturan Poin Pelanggan menggunakan rumus berdasarkan produk, pelanggan, pemasok, pabrik, merk, pengarang, berdasarkan waktu dan nominal transaksi. 

Poin pelanggan dapat ditarik dalam bentuk uang kas, bank dan produk tertentu.

H (COMMISION MANAGEMENT)

Fitur ini digunakan untuk mengatur pemberian komisi untuk salesman, dokter, mekanik, teknisi, terapis dan semacamnya. Menariknya, metode komisi yang sangat banyak dan hampir tidak bisa dibuat sistem baku, telah diakomodir oleh fitur ini. Anda diberi keleluasan membuat rumus komisi baik berdasarkan perbarang maupun perfaktur. Komisi juga bisa dihitung setelah dikurangi diskon dan retur. Bisa juga memisahkan hanya penjualan yang terbayar sebelum lewat jatuh tempo yang diberi komisi. Komisi dapat dibuat berdasarkan jumlah produk atau nominal. Fitur ini juga bisa menggabungkan beberapa metode komisi sekaligus, sehingga Anda lebih bebas lagi berkreasi. Jika variabel yang disediakan oleh Acosys V4 dirasa kurang, fitur ini juga menyediakan custom variable yang bisa ditambahkan sendiri. Anda juga bisa menggabungkan fitur ini dengan Fitur Payroll, sehingga semua nilai komisi yang didapatkan dapat otomatis di transfer ke sistem penggajian dengan tambahan gaji pokok dan tunjangan-tunjangan lain selain komisi.

I (MULTI DIVISION)

Acosys V4 telah dipersiapkan untuk perusahaan yang memiliki banyak cabang dengan database terpusat. Hebatnya lagi, dengan fitur ini, Anda bisa menggabungkan berbagai jenis bisnis dengan lokasi yang terpisah-pisah dan manajemen terpisah ke dalam satu database tanpa saling mengganggu.

Semua laporan akan terkonsolidasi secara otomatis. Untuk kepentingan analisa, semua laporan bisa dipisahkan percabang/divisi.

Anda juga bisa membuat harga jual berbeda disetiap wilayah untuk item produk yang sama. Hal ini merupakan pricing strategi yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi pesaing yang berbeda-beda disetiap wilayah.

Pemindahan barang antar cabang atau dari pusat ke cabang juga bisa dilakukan dengan sempurna menggunakan fitur ini. Semua pemindahan barang akan tercatat pada laporan pemindahan barang antar cabang/divisi. Persediaan barang juga dapat dipisahkan percabang untuk memudahkan pengontrolan persediaan.

Penggunaan bersama Fitur Multi Departmen akan memungkinkan memisahkan persediaan dalam beberapa gudang/department dalam satu cabang/divisi.

J (MULTI DEPARTMENT)

Berbekal fitur ini Anda dapat memisahkan persediaan barang ke dalam beberapa gudang/department. Fitur ini cocok untuk perusahaan yang memiliki beberapa gudang namun masih dalam kantor cabang yang sama.

Implementasi lain, biasanya digunakan oleh perusahaan distribusi untuk mengontrol persediaan barang yang ada di dalam mobil box yang dibawa salesman.

Metode yang dilakukan adalah dimulai dari memindahkan barang ke gudang utama ke masing-masing mobil, sehingga tercatat persediaan awal pada mobil tersebut, kemudian ketika barang tersebut terjual, maka bagian admin akan melakukan transaksi penjualan di Acosys V4 dengan menunjuk gudang adalah mobil box, begitu juga apabila terjadi retur. Sehingga persediaan di mobil akan jelas terlihat dari laporan persediaan.

Kelebihan fitur ini juga dapat melakukan pembelian atau penjualan sekaligus pada beberapa gudang dalam satu faktur.


K (MULTI CURRENCY)

Bisnis pada era globalisasi telah memaksa kita untuk menggunakan lebih banyak jenis mata uang dalam bertransaksi. Oleh karena itu kami memberi solusi penggunaan berbagai jenis mata uang dalam satu software.

Fitur ini cocok untuk perusahaan yang terkait langsung dengan kegiatan ekspor/impor dan perusahaan yang terkait dengan pariwisata yang melayani pengunjung warga negara asing.

Beberapa jenis bisnis yang tidak terkait langsung dengan ekspor/imporpun juga menggunakan mata uang asing sebagai standard harga . Misalnya toko komputer, toko elektronik dan produk impor lain. Biasanya supplier menjual produk dalam bentuk dollar, meskipun membayar dengan mata uang rupiah. Kemudian menjual kepada konsumen dengan mata uang rupiah.

Berikut rincian fasilitas pada fitur ini:
  • Daftar mata uang semua negara (bisa ditambah lagi)
  • Transaksi dengan pilihan mata uang yang berbeda-beda
  • Pembayaran hutang dan penerimaan piutang menggunakan mata uang yang berbeda dengan transaksi pembelian dan penjualanya
  • Perubahan kurs setiap saat
  • History kurs mata uang
  • Laporan transaksi berdasarkan mata uang
  • Laporan keuangan berdasarkan mata uang default yang dipilih.
L (PAYROLL)

Fasilitas penggajian karyawan disediakan pada fitur ini mencakup gaji pokok, komisi dan tunjangan-tunjangan yang dapat dibuat sendiri secara fleksibel.

Fasilitas penggajian ini terintegrasi dengan fasilitas komisi salesman dan pelaksana jasa. Hal ini dapat dilakukan jika Anda juga membeli fitur Salesman and Servicedoer dan Commision Management.

Fitur ini juga menyediakan fasilitas pembayaran gaji perorangan dan pembayaran gaji masal dan secara otomatis akan terposting ke laporan akuntansi.

Berikut ini rincian fasilitas pada fitur ini:
  • Daftar karyawan
  • Daftar level karyawan
  • Jenis gaji, tunjangan, komisi dan bonus
  • Perhitungan gaji karyawan menggunakan rumus
  • Daftar hari libur
  • Pembayaran gaji perorangan
  • Pembayaran gaji masal.
M (SERIAL NUMBER & EXPIRED DATE)

Fitur ini cocok untuk jenis usaha outlet cellular, toko elektronik, toko komputer, apotek, perusahaan besar farmasi, dealer kendaraan bermotor dan perusahaan lain yang membutuhkan serial number, imei, batch number dan tanggal kadaluarsa.

Laporan persediaan dapat ditampilkan berdasarkan serial number maupun total tanpa serial number. Serial number dapat dilacak dari laporan, pembelian, penjualan, retur dan pemindahan barang. Sejarah serial number tertentu dapat dilihat dari laporan histori produk.

N (TOOL)

Fitur ini memberikan fasilitas perakitan produk, misalnya terjadi pada pembuatan parcel, produksi, percetakan, pencampuran produk, perakitan komputer, memroses bahan baku menjadi makanan siap saji pada rumah makan dan pembuatan pakan ternak. Pada proses perakitan, harga pokok persediaan dari semua bahan penyusun akan terakumulasi ke dalam produk baru hasil perakitan pada saat produk tersebut dirakit.

Selain perakitan, tersedia juga pemecahan produk. Prinsip pemecahan produk adalah dari satu produk dijadikan beberapa produk lain dengan total harga pokok persediaan yang sama. HPP akan terpecah saat proses pemecahan produk selesai dilakukan. Produk yang dipecah tidak harus produk yang dirakit sebelumnya. Bisa saja memecah produk yang tidak pernah dirakit.

Fitur ini juga menyediakan fasilitas pembuatan paket penjualan. Berbeda dengan perakitan, paket penjualan adalah pembuatan komposisi suatu produk yang berasal dari produk-produk penyusun, namun hpp produk penyusun belum melebur ke dalam produk hasil pemaketan sebelum dilakukan penjualan.

Contoh implementasi paket penjualan terjadi di rumah makan, dimana paket penjualan adalah menu makanan yang terdiri dari beberapa macam produk penyusun. Misalnya Ayam Bakar, terdiri dari nasi, ayam, sambal, sayur asam dan lalapan. Ketika terjadi penjualan Ayam Bakar, maka persediaan nasi, ayam, sambal, sayur asam dan lalapan akan berkurang. Ayam Bakar sendiri tidak akan berkurang persediaanya, karena hanya sekedar menu makanan.

Selain fasilitas yang telah dijelaskan diatas, fitur ini juga menyediakan catatan pelanggan atau medical record untuk rumah sakit, klinik kesehatan dan klinik kecantikan. Catatan ini dapat digunakan untuk memantau perkembangan pasien, sejarah gejala penyakit dan sejarah penanganan.

O (EXTRA TAX)

Fitur ini berisi daftar pajak tambahan selain PPN, misalnya pajak daerah, pajak pariwisata, pajak impor, PPNBM dan pajak lain. Jenis pajak dapat ditambahkan sendiri dengan jumlah yang tidak terbatas. Pajak tambahan ini dapat digunakan dalam transaksi pembelian, penjualan dan retur dan otomatis akan terposting ke dalam laporan keuangan.

Penggunaan pajak tambahan dapat dilakukan bersamaan dengan PPN.

P (PRE TRANSACTION)

Fitur Pre Transaction berisi fasilitas tambahan sebelum melakukan pembelian dan penjualan. Modul-modul dalam fitur ini terintegrasi dengan fitur pembelian dan penjualan.

Transaksi rekuisisi penjualan dapat di tarik langsung ke transaksi order penjualan, transaksi order penjualan dapat langsung ditarik ke transaksi pengiriman penjualan, transaksi order penjualan dan pengiriman penjualan dapat ditarik ke transaksi penjualan. Begitupun dengan transaksi pembelian.

Berikut ini rincian fasilitas pada fitur ini:
  • Rekuisisi pembelian
  • Rekuisisi penjualan
  • Order pembelian
  • Order penjualan
  • Pengiriman barang
  • Penerimaan barang/Delivery Order
  • Laporan transaksi order
  • Laporan rekuisisi pembelian
  • Laporan rekuisisi penjualan
  • Laporan pengiriman barang
  • Laporan penerimaan barang
Q (GIRO MANAGEMENT)

Fitur Giro Management digunakan untuk memanajemen cek dan giro baik masuk maupun keluar beserta pengontrolan tanggal jatuh tempo dan pencairanya.

Berikut ini rincian fasilitas pada fitur ini:
  • Laporan giro masuk dari pelanggan
  • Laporan giro keluar ke pelanggan
  • Laporan giro masuk dari pemasok
  • Laporan giro keluar ke pemasok
  • Laporan jatuh tempo giro
  • Laporan eksekusi giro masuk dan keluar
  • Pencairan cek dan giro
  • Pembatalan pencairan cek dan giro
R (EXPORT & IMPORT)

Fitur ini digunakan untuk konsolidasi data dari beberapa kantor cabang dengan kantor pusat yang memberlakukan sistem semi online. Artinya antara kantor cabang dan kantor pusat tidak secara terus menerus terhubung melalui jaringan internet atau WAN, namun menginginkan laporan yang menyatu.

Dengan teknologi semi online ini Anda tidak perlu menyediakan jaringan internet yang cepat dan terus-menerus, jaringan internet hanya dibutuhkan untuk mengirim file hasil export data dari cabang. Bahkan tidak dibutuhkan jaringan internet jika pengiriman data melalui flashdisk atau penyimpanan fisik lain yang dikirim menggunakan kurir.

Laporan pada masing-masing cabang yang lokasinya terpisah-pisah tetap dapat dijadikan satu laporan konsolidasi di kantor pusat. Dengan demikian, maka kantor pusat dapat melihat laporan per cabang dan laporan keseluruhan.

Transaksi apa saja yang dapat dikonsolidasi? semua transaksi, termasuk laporan keuangan. Hal ini penting karena kebanyakan software akuntansi hanya dapat mengonsolidasi laporan keuangan tanpa detail rincian transaksi pembelian, penjualan, konsinyasi, retur, hutang dan piutang.

Fitur ini juga memberikan fasilitas update daftar produk dan update harga di kantor cabang berdasarkan perubahan yang telah ditetapkan kantor pusat.

Harga jual berbeda di setiap cabang dapat diterapkan sebagai bagian dari strategi penjualan dan laporan penjualan tetap dapat dikonsolidasikan di kantor pusat.

Anda tidak memerlukan fitur ini apabila memiliki jaringan internet cepat dan lancar, karena Anda dapat melakukan transaksi secara realtime onlinemenggunakan fitur biasa. Semua fitur di Acosys V4 telah mendukung transaksi realtime online.

S (PAYMENT DISCOUNT MANAGEMENT)

Fitur ini untuk memberikan diskon pembayaran hutang dan penerimaan piutang sebelum jatuh tempo atau sering disebut diskon berdasarkan term of payment (TOP).

Diskon ini diatur pada saat melakukan pembelian atau penjualan, dan akan otomatis tampil ketika melakukan pembayaran sebelum tanggal yang ditetapkan. Diskon ini akan otomatis terposting ke laporan keuangan.

T (RENTAL TRANSACTION)

Fitur ini digunakan untuk transaksi penyewaan jasa maupun produk seperti hotel, kamar rumah sakit, billiard, karaoke, massage, rental mobil dan parkir.

Transaksi penyewaan meliputi:
  • Reservasi,
  • Menghitung waktu sewa yang telah ditetapkan maupun yang tidak ditetapkan
  • Menghitung check out late (penambahan waktu check out)
  • Pindah kamar/meja/produk
  • Mematikan lampu billyard atau sound system pada karaoke ketika waktu sewa sudah habis
  • Menarik semua faktur order produk selain penyewaan
  • Penerimaan down payment/uang muka
  • Pembayaran
  • Pembatalan transaksi
U (PRODUCT INFORMATION)

Fitur ini merupakan informasi produk untuk konsumen. Berisi kode, nama produk, kategori produk, harga produk, pabrik, pengarang, lokasi dan jumlah persediaan.

Fitur ini banyak diimplementasikan di toko buku, untuk membantu konsumen lebih mudah menemukan produk dan mengetahui harga serta ketersediaanya.

Harga didalam paket adalah ketika Anda membeli fitur ini bersamaan dengan fitur lain dalam satu komputer, sedangkan harga diluar paket adalah ketika Anda membeli fitur ini untuk berdiri sendiri.

V (ACOSYS ANALISYS CENTER)

Fitur ini memungkinkan Anda melihat tingkat kesehatan perusahaan hanya dalam satu kali klik. Semua rasio laporan keuangan akan tampil beserta laporan analisa penjualan, hutang, piutang dan giro.

Berikut ini rincian fasilitas fitur Acosys Analisys Center:
  • Rasio likuiditas (rasio lancar, rasio kas dan rasio cepat)
  • Ratio leverage (rasio total hutang terhadap modal, rasio total hutang terhadap aset, ratio hutang jangka panjang terhadap modal dan rasio kemampulabaan bunga)
  • Analisa rangkuman penjualan Analisa produk terlaris (fast moving)
  • Analisa saldo hutang dengan perhitungan belum dan sudah jatuh tempo
  • Analisa saldo piutang dengan perhitungan belum dan sudah jatuh tempo
  • Analisa giro masuk Analisa giro keluar
  • Laporan rangkuman penjualan berdasarkan divisi, departemen, salesman, pelanggan dan user
  • Tersedia berbagai tampilan grafik.
Harga dalam paket jika Anda membeli fitur ini beserta fitur lain dalam satu komputer, harga diluar paket ketika Anda membeli fitur ini tanpa disertai fitur lain.

W (SMALL BUSINESS)

Fitur ini tidak dapat digabungkan dengan fitur lain. Sekalipun mayoritas pengguna Acosys V4 adalah perusahaan menengah dan besar, namun kami tetap memberikan perhatian khusus untuk usaha mikro dan kecil dengan menyediakan fitur ini.

Fitur ini telah memenuhi kebutuhan dasar dalam bisnis seperti transaksi pembelian tunai dan kredit, penjualan tunai, retur pembelian dan penjualan, pembayaran hutang, laporan persediaan barang, laporan pembelian, laporan penjualan dan laporan retur.

Fitur yang disediakan sama dengan fitur Standard dan POS tanpa form penjualan biasa. Fitur ini hanya dapat digunakan untuk satu komputer dan tidak bisa berjalan pada jaringan komputer.

Anda dapat melakukan upgrade ke fitur standard dan fitur tambahan lain hanya dengan membayar selisih harganya saja.

#SOFTWARE AKUNTANSI BATAM
#SOFTWARE KASIR BATAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer